Fast Respon WA ke 085210623636

APAKAH DEFINISI AGAMA ITU ?

blogger templates
APAKAH DEFINISI AGAMA ITU ?



Agama disebut ugama dan igama. Melihat pemakaian lafadz agama ini, dalam bahasa Indonesia dan Melayu, dimana terkadang disebut Igama dan ugama , menurut kami, bahwa kata AGAMA berasal dari kata A dan GAMA, atau dari kata GAMA kurang dapat dipertanggungjawabkan.

Lebih menyakinkan, bahwa asal kata AGAMA itu dari AQAMA yang dengan dialek hadrumaut disebut AGAMA. Dan jika disbut igama adalah dari kata iqomah, masdar dari agama yang artinya mendirikan. Dan Ugama adalah dari lughat Awam, yang menyebut kasrah dengan dammah, sebagaimana hal tersebut banyak didengar dari orang-orang awam berkebangsaan Arab. Maka munasabahnya dalam hal ini adalah igama itu, mendirikan Agama, Iqamatu ad-din.

Sebutan untuk Agama dalam bahasa Arab sendiri adalah 1. Ad-Din, 2. As-Syari’ah, dan 3. Al-Milla. Ketiga nama ini adalah pada zatnya, walaupun berlainan i’tibar-nya.
Asal makna Ad-Din adalah patuh atau mematuhi. Maka Agama dipandang dari sudut, wajib ditaati dan dipatuhi disebut Ad-Din. Jadi Agama, dengan I’tibar dipatuhi disebut Ad-Din.
Asal makna Syari’at adalah sesuatu yang dinyatakan. Maka Agama dipandang dari sudut, merupakan jalan-jalan yang wajib ditempuh yang dinyatakan Allah SWT kepada para hamba-Nya, disebut Syari’at . atau yang dinyatakan Allah SWT kepada lidah Rasul-Nya. Jadi agama dengan I’tibar merupakan apa yang dinyatakan Allah atas lidah Rasul-Nya, disebut  As-Syari’ah.

Asal kata Millah menurut lughat ahlih Hijaz dan Bani Asad adalah dari amlaltu yang semakna dengan amalaitu. Menurut lughat Bani Tamim dan Qasis, artinya meng-khitab-kan atau mengumpulkan. Maka agama dipandang dari sudut bahwa ia sebagai peraturan-peraturan yang dikumpulkan disebut Al-millah. Jadi agama dengan I’tibar merupakan sesuatu peraturan yang dikumpulkan disebut Al-millah.

As-Sayid Al-Jurnani mengemukakan hal ini dalam Ta’rifat-nya pada halam 94 :
Ad-Din dan Al-millah, keduanya bersatu pada zat. Dan berlainan pada I’tibar. Sesungguhnya agama itu dipandang dari sudut bahwa dia dipatuhi disebut Millah. Dan dipandang dari sudut bahwa ia dibawa kembali tiap persoalan kepadanya disebut Madzhab. Dan dikatakan “perbedaan” Ad-Din,  Al-Millah dan Madzhab bahwa Ad-Din dibangsakan kepada Allah, dan Al-Millah dibangsakan kepada Rasul. Dan Al-Madzhab dibangsakan kepada Mujahid.

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Imran [3] ayat 19 ;


Sesungguhnya Ad-Din (yang diridhoi) disisi Allah adalah Islam

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Imran [3] ayat 95 ;





Katakanlah, “Benarlah Allah, “ maka ikutilah Millah Ibrahim yang lurus¸dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang Musyrik.

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Jatsiyah [45] ayat 18 ;




Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas syari’at tentang urusan agama. Maka ikutilah syari’at itu, dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.

Demikianlah ayat-ayat suci Al Quran yang menyebut Ad-Din, Al-Millah, dan syari’at. Untuk jelasnya baiklah kami kemukakan batasan atau definisi agama, yang dikemukakan oleh Al-Alim Al-Allamah Uwais Wafa bin Muhammad bin Ahmad bin Khalil bin Dawud Al-Arzinjani, yang terkenal dengan nama Khan Zadah dalam kitabnya yang bernama, Minhaju Al-Yaqin Syarbu ‘Adab ad-Dun’ya Wa ad-Din, pada halaman 128,

Agama itu adalah hantaran Ilahi, peraturan-peraturan yang datang dan mengiringi bagi mereka yang mempunyai akal, dengan usaha mereka yang terpuji, kepada sesuatu yang berupa kebaikan pada zatnya, untuk menerima apa yang datang dari Rasulullah.




0 Response to "APAKAH DEFINISI AGAMA ITU ?"

Posting Komentar